Disponsori Nike, Liverpool Klub Penghasilan Tertinggi di Inggris

Resmi disponsori oleh Nike, Liverpool menjadi klub berpenghasilan tertinggi di Inggris. Meskipun demikian, nilai kontrak kerjasama The Reds ini masih kalah jauh dibandingkan Real Madrid dan Barcelona.

Pihak Liverpool juga telah resmi mengumumkan terkait Nike yang menjadi apparel tim untuk musim 2020/2021. Sementara kontrak ini berlaku per 1 Juli, resmi menggantikan New Balance yang merupakan sponsor The Reds sejak tahun 2015 silam.

Pihak New Balance memang berniat untuk menambahkan durasi kontrak baru dengan Liverpool karena opsi yang dimiliki. Namun, Liverpool lebih memilih kerjasama baru dengan Nike dan demi melebarkan bisnis klub di seluruh dunia.

Sementara Nike lebih berani membayar mahal, yakni per tahun mencapai 80 juta, hingga Liverpool setuju dengan kerjasama ini. Nilai kontrak tinggi ini pun, membuat kerjasama nilai kontrak tertinggi untuk sebuah klub di kompetisi Inggris.

Bahkan nilai kontrak Liverpool dengan Nike, berhasil mengalahkan nilai kontrak Manchester United dengan Adidas yang mencapai 75 juta Poundsterling. Klub asal Manchester ini pun menempati posisi kedua sebagai tim dengan nilai kontrak tertinggi di Inggris.

Di posisi ketiga ada Manchester City yang mengikat kerjasama dengan Puma sedari 2019 hingga 2029 dengan nilai 65 juta paun atau sekitar Rp 1,18 T. Arsenal dengan Adidas serta Chelsea dengan Nike mendapat bayaran Rp 1,09 T per tahun atau 60 juta paun untuk lima tahun sedari 2019.

Namun Liverpool masih kalah jauh jika dibandingkan dengan klub-klub eropa lainnya, The Reds harus puas di posisi ketiga saja. Sementara posisi pertama dan kedua berhasil ditempati oleh Real Madrid serta Barcelona yang memiliki nilai kontrak diatas 100 juta euro, kedua tim raksasa La Liga ini menjadi tim dengan nilai kontrak tertinggi sejak tahun 2016 silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *