Laga final Copa Libertadores yang mempertemukan Flamengo Vs River Plate, berjalan dengan dramatis. Namun tim wakil dari Brasil ini memastikan sebagai pemenang Copa Libertadores, setelah menang 2-1 atas wakil dari Argentina tersebut.

Final dari Copa Libertadores yang mempertemukan Flamengo Vs River Plate, berlangsung di Stadion Monumental, Lima, Peru, Minggu (24/11/2019) dini hari WIB. Laga final ini pun menjadi pertama kalinya gelar Copa Libertadores menggunakan sistem single match saja, sebelumnya selalu menggunakan format home-away.

River Plate yang berstatus jawara pada musim lalu, sempat berhasil untuk unggul terlebih dahulu melalui Rafael Santos Borre dimenit ke-14. Gol ini tercipta setelah kesalahan bek Flamengo yang coba menghalau umpan tarik dari lawan nya.

Keunggulan 0-1 River Plate, sebenarnya hampir bertahan hingga menit akhir pertandingan. Namun gelar juara yang sudah didepan sirna, setelah Gabriel Barbosa menjadi pahlawan bagi Flamengo.

Eks pemain dari Inter Milan ini berhasil membobol gawang River Plate tepat laga berjalan pada menit ke-89, usai menuntaskan umpan sempurna Giogian De Arrascaeta. Tak berlangsung lama, tiga menit tambahan waktu Gabigol kembali mencetak gol lagi.

Dua gol dari Gabigol juga memastikan kemenangan Flamengo menang 2-1 atas River Plate, sekaligus mengunci gelar juara Copa Libertadores 2019. Keberhasilan meraih gelar juara ini menjadi kedua kalinya untuk mereka setelah pernah meraihnya pada tahun 1981.

Flamengo juga memastikan diri sebagai wakil dari CONMEBOL yang akan tampil di Piala Dunia Antar Klub 2019. Turnamen ini diketahui akan berlangsung di Qatar, pada 11-21 Desember 2019 nanti.

Flamengo dipastikan berhadapan dengan Liverpool (UEFA), CF Monterrey (CONCACAF), Hienghene Sport (OFC), Esperance de Tunis (CAF) dan Al-Sadd SC (tuan rumah) pada ajang tersebut. Sementara satu tempat lagi, diperebutkan Al Hilal dan Urawa Red Diamonds yang tengah memperebutkan gelar Liga Champions Asia atau AFC.