Laga Arsenal Vs Manchester City, Dilarang Tayang di China

Pertandingan big match yang mempertemukan Arsenal Vs Manchester City, tak akan bisa dinikmati oleh negara China. Hal ini terjadi setelah kritikan keras yang telah dilontarkan Mesut Ozil kepada negara yang terkenal dengan tirai bambu dan panda nya tersebut.

Dalam pekan ke-17 kompetisi Premier League, Mimggu (15/12/2019) akan tersaji duel yang banyak dinanti-nantikan. Arsenal diketahui akan menjamu Manchester City di Emirates Stadion.

Laga ini pun banyak yang dinantikan oleh pencinta sepakbola dimana pun. Namun hal ini tak berlaku bagi warga china, pasalnya pemerintah telah melarang penayangan laga tersebut.

Menurut kabar dari The Global Times, surat kabar berbahasa Inggris di China. Mengklaim jika pemerintah China tak akan menayankan laga ini, setelah Mesut Ozil mengeluarkan kritikan pedas terhadap negara tersebut.

Diketahui bahwa Mesut Ozil sempat mengkritisi perlakuan pemerintah China terhadap suku Uighur. Suku ini memang bermayoritas agama Islam, dan suku ini memang sering ditindas dan ditahan pada kamp-kamp khusus.

Permasalahan ini yang akhirnya membuat Mesut Ozil sangat mengkritik pemerintah China, yang diungkapnya pada akun Twitter maupun di Insagram pribadinya. Tak hanya mengkritisi pemerintah China saja, eks pemain Real Madrid ini pun mengkritisi mayoritas pemeluk agam Islam yang hanya diam melihat situasi yang terjadi itu.

“Lihat mereka (Pemerintah China) melakukan tindakan tak terpuji, mereka membakar Qur’an, masjid dipaksa tutup, sekolah muslim maupun madrasah dilarang dibuka. Banyak para sarjana religius dibunuh, serta saudara-saudara kita ditahan di kamp mereka,”ungkap Ozil melalui akun Twitter nya.

Meskipun semua orang tahu, namun para muslim memilih diam. Mereka takut dan tidak berani bersuara,”tegasnya lagi menambahkan.

“Yang akan teringat beberapa tahun berikutnya bukanlah penyiksaan oleh tirani, tetapi diamnya saudara-saudara Muslim mereka,” tutupnya.

Sementara pihak Arsenal telah memberikan pernyataan resmi terkait komentara pedas Ozil terhadap pemerintahan China. The Gunners mengisyaratkan jika masalah ini bukan urusan dari pihak klub karena bersifat pribadi, ini sama sekali tidak mewakili dari klub kami.

“Menyusul pesan media sosial dari Mesut Ozil pada hari ini, Arsenal Football Club harus memperjelas bahwa ini adalah pandangan personal Mesut,” demikian bunyi pernyataan klub, yang juga dirilis di laman Weibo.

Pertandingan Arsenal Vs Manchester City tayang pada pukul 4:30 waktu setempat di Inggris. Sementara negara China akan tayang pada hari senin pagi, laga yang dilarang tayang ini pun, akhirnya digantikan dengan Tottenham Hotspur Vs Wolverhampton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *