pada pekan lanjutan kompetisi Premier League yang mempertemukan Tottenham Hotspur Vs Chelsea, harus diwarnai dengan serangan rasisme. Aksi yang telah mencoreng citra sepakbola Inggris ini sendiri menimpa Antonio Rudiger, bek andalan The Blues ini menjadi korban dari serangan rasial dari oknum suporter tak bertanggung jawab dari tuan rumah.

Serangan rasial yang menimpa Antonio Rudiger, diketahui terjadi saat pertandingan memasuki menit ke-63. Bahkan Rudiger mengakui jika telah menjadi korban rasisme, yakni mendengarkan fans menirukan gerakan gestur monyet.

Sementara Rudiger langsung melaporkan hal itu wasit pertandingan, ini pun sesuai prosedur yang telah diterapkan FIFA. Pihak Tottenham Hotspur sendiri langsung memberikan imbauan melalui pengeras suara untuk tidak melakukan aksi rasial.

“Dia (Antonio Rudiger) mendatangi saya, dan mengatakan bahwa dia telah mendengar rasisme yang ditujukan kepadanya. Jadi saya membantunya untuk melaporkan kejadian ini kepada wasit laga, ini tentunya sangat disayangkan dengan aksi ini. Kita seharusnya menghentikan perbuatan rasial daripada mengikutinya,”ungkap Cesar Azpilicueta, sebagai kapten tim Chelsea.

Terkait rasial yang telah menimpa pemain Chelsea ini, pihak Tottenham Hotspur siap membantu untuk menyelidiki kasus ini hingga tuntas. Sementara pihak Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA) telah menuntut pemerintah untuk ikut menyelidiki rasisme tersebut.

“Segala aksi rasialisme tidak bisa kami toleransi, tentunya kami tidak membiarkan aksi ini terjadi lagi di stadion kami. Kami menanggapi tuduhan ini dengan sangat serius dan akan mengambil tindakan paling kuat terhadap individu yang ketahuan melakukan ini, termasuk larangan masuk stadion,” ungkap dari pernyataan resmi dari Tottenham Hotspur.

Dalam laga ini sendiri, Chelsea keluar sebagai pemenang setelah menaklukan Tottenham Hotspur 2-0. Kemenangan ini membuat The Blues mampu mempertahankan posisinya di peringkat empat klasemen, sementara kekalahan ini membuat The Lillywhites harus gagal memperkecil selisih poin dengan Chelsea, dan tetap berada di peringkat ke-7 klasemen dengan torehan 26 poin.